Untuk memperjelas pengertian tersebut dalam prakteknya dapat di lakukan oleh guru atau anak didik itu sendiri. Metode Demonstran cukup baik apabila di gunakan dalam penyampaian bahan pelajaran Geografi, misalnya bagaiamana cara proses terjadinya gerhana.
Adapun aspek yang penting dalam menggunakan Metode Demonstrasi adalah:
- Demonstrasi akan menjadi metode yang tidak wajar apabila alat yang di Demonstrasikan tidak bisa di amati dengan seksama oleh siswa. Misalnya alatnya terlalu kecil atau penjelasannya tidak jelas.
- Demonstrasi menjadi kurang efektif bila tidak di ikuti oleh aktivitas di mana siswa sendiri dapat ikut memperhatikan dan menjadi aktivitas mereka sebagai pengalaman yang berharga.
- Tidak semua hal dapat di Demonstrasikan di kelas karna sebab alat-alat yang terlalu besar atau yang berada di tempat lain yang tempatnya jauh dari kelas.
- Hendaknya dilakukan dalam hal-hal yang bersifat praktis
Sebagai pendahuluan, berilah pengertian dan landasan teori dari apa yang akan di Demonstrasikan.
Dan adapun sebaiknya dalam Mendemonstrasikan pelajaran tersebut guru harus terlebih dulu Mendemonstrasikan dengan sebaik-baiknya, baru di ikuti oleh murid-muridnya yang sesuai dengan petunjuk.
B. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE DEMONTRASI
Adapun dalam metode demonstran ini memiliki kelebihan dan ada juga kekurangannya sebagaimana yang akan di paparkan di bawah ini.
a. Kelebihan metode demonstran adalah
- Perhatian anak didik dapat di pusatkan, dan titik berat yang di anggap penting oleh guru dapat di amati
- Perhatian anak didik akan lebih terpusat pada apa yang di Demonstrasikan, jadi proses anak didik akan lebih terarah dan akan mengurangi perhatian anak didik kepada masalah lain
- Dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar
- Dapat menambah pengalaman anak didik
- Bisa membantu siswa ingat lebih lama tentang materi yang di sampaikan
- Dapat mengurangi kesalah pahaman karna pengajaran lebih jelas dan kongkrit
- Dapat menjawab semua masalah yang timbul di dalam pikiran setiap siswa karna ikut serta berperan secara langsung.
Setelah melihat beberapa keuntungan dari metode demonstransi tersebut, maka dalam bidang setudi Geografi, banyak hal-hal yang dapat di demonstrasikan terutama dalam bidang ibadat, seperti pelaksanaan shalat, zakat dan yang lainnya.
Apabila teori menjalankan ibadah yang betul dan baik telah di miliki oleh anak didik, maka guru harus mencoba mendemonstrasikan di depan para murit. Dan apabila anak didik sedang mendemonstrasikan ibadah, guru harus mengamati langkah dari langkah dari setiap gera-gerik murid tersebut,
sehingga apabila ada kesalahan atau kekurangannya guru berkewajiban memperbaikinya. Tindakan mengamati segi-segi yang kurang baik lalu memperbaikinya akan memberikan kesan yang dalam pada diri anak didik, karna guru telah memberi pengalaman kepada anak didik baik bagi anak didik yang menjalankan Demonstrasi ataupun bagi yang menyaksikannya.
b. Dari segi kelemahan atau metode demonstran adalah:
- Memerlukan waktu yang cukup banyak
- Apabila terjadi kekurangan media, metode demonstrasi menjadi kurang efesien
- Memerlukan biaya yang cukup mahal, terutama untuk membeli bahan-bahannya
- Memerlukan tenaga yang tidak sedikit
- Apabila siswa tidak aktif maka metode demonstran menjadi tidak efektif.
C. Langkah-langkah Menggunakan Metode Demonstrasi
Adapun langkah-langkah dalam penerapan metode demonstrasi adalah:
a. Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ada beberapa hal yang harus dilakukan:
- Rumuskan tujuan yang harus dicapai oleh siswa setelah proses demonstrasi berakhir.
- Persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan.
- Lakukan uji coba demonstrasi.
b. Perencanaan
Dalam perencanaan hal-hal yang dilakukan ialah
- Merumuskan tujuan yang baik dari sudut kecakapan atau kegiatan yang di harapkan dapat tercapai setelah metode demontrasi berakhir
- Menetapkan garis-garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan di laksanakan
- Memperhitungkan waktu yang di butuhkan
- Selama demonstrasi berlangsung guru haru intropeksi diri apakah:
Ø Keterangan-keterangan dapat di dengar dengan jelas oleh siswa
Ø Apakah semua media yang di gunaka telah di tempatkan pada posisi yang baik, hingga semua siswa dapat melihat semuanya dengan jelas
Ø Siswa di sarankan membuat catatan yang dianggap perlu
Ø Menetapkan rencana penilaian terhadap kemampuan anak didik
c. Pelaksanaannya
Hal-hal yang mesti di lakukan adalah:
- Memeriksa hal-hal tersebut di atas untuk kesekian kalinya
- Melakukan demonstrasi dengan menarik perhatian siswa
- Mengingat pokok-pokok materi yang akan di demonstrasikan agar mencapai sasaran
- Memperhatikan kedaan siswa, apakah semuanya mengikuti demonstrasi dengan baik
- Memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif
- Menghindari ketegangan
d. Evaluasi
Dalam kegiatan evaluasi ini dapat berupa pemberian tugas, seperti membuat laporan,menjawab pertanyaan, mengadakan latihan lebih lanjut, baik di sekolah ataupun di rumah.
D. Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam penggunaan metode demonstrasi tersebut adalah
1. Rumuskan secara spesific yang dapat di capai oleh siswa.
2. Susun langkah-langkah yang akan dilakukan dengan demontrasi secara teratur sesuai dengan skenario yang telah di rencanakan.
3. Menyipkan peralatan yang di butuhkan sebelum demonstrasi dimulai.
4. Usahakan dalam melakukan demonstrasi tersebut sesuai dengan kenyataan sebenarnya.
Metode Demonstrasi ini cocok digunakan apabila:
1. Untuk memberikan latihan keterampilan tertetu pada siswa.
2. Untuk memudahkan penjelasan yang di berikan agar siswa langsung mengetahui dan dapat terampil dan melakukannya.
3. Untuk membantu siswa dalam memahami sesuatu proses secara cermat dan teliti.
E. Manfaat dari metode demonstrasi adalah :
1. Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan
2. Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
3. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa
KESIMPULAN
A. Penutup
Metode demonstrasi adalah salah satu metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu dengan jalan mendemonstrasikan terlebih dulu kepada siswa
Metode ini dapat menghilangkan varbalisme sehingga siswa akan semakin memahami materi pelajaran. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar metode ini dapat berjalan dengan efektif dan efesien.
Namun yang perlu di perhatikan oleh guru tentang Metode Demonstrasi dan ialah karna metode ini memiliki kekurangan dan kelebihan.
DAFTAR PUSTAKA
Dradjat, Dr. Zakiah, dkk. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, PT. Bumi Aksar. Jakarta, 1995.
Drs. M. Usman Basyiruddin, M.Pd. Metode Pembelajaran Agama Islam, PT. Ciputar Prees. Jakartan, 2005.
Drs. Ahmadi Abu. Metode Khusus Pendidikan Agama (MKPA), CV. Armico. Bandung, 1986.
Surakhman, Prof. Dr. Winarno. Metode Pengajaran Nasional, Jemmars. Bandung, 1980.